Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

RSS

Lampung Tengah

           Lampung Tengah adalah salah satu kabupaten di provinsi Lampung. Lampung tengah termasuk daerah yang masyarakatnya menggunakan bahasa dan adat budaya pepadun (Nyo). Di lampung sendiri terdapat aturan-aturan atau prinsip-prinsip kebudayaan yang disebut dengan Falsafah Piil Pesenggiri. Budaya masyarakat Lampung dilandasi oleh prinsip-prinsip Falsafah Piil Pesenggiri, berikut adalah uraian singkat tentang Piil Pesenggiri


1.       Sopan Santun (Nemui Nyimah dan Bepudak Waya)
Nemui nyimah dalam masyarakat lampung adalah tata krama atau sopan santun dalam menghormati tamu. Sedanngkan bepudak waya memiliki arti bermanis muka. Jadi, nemui nyimah dan bepudak waya dapat diartikan “Sopan Santun” dalam bertamu.

2.       Pandai Bergaul (Nengah Nyappur / Tetengah Tetanggah)
Kata-kata Nengah Nyappur dan Tetengah Tetanggah memiliki arti pandai bergaul. Dalam hal ini diartikan sebagai orang yang supel, memiliki tenggang rasa yang tinggi, tetapi tidak melupakan prinsip-prinsip yang harus dipegang dalam hidupnya, sebagai identitas diri.

3.       Tolong Menolong (Sakai Sambaian / Khepot Delom Mufakat)
Dalam masyarakat lampung kerjasama dan tolong menolong dalam kehidupan itu sangat diperlukan.

4.       Kerja Keras / Pembaharuan (Khopkhama delom bekekhja / Bejuluk Beadek)
Bejuluk beadek adalah pengambilan gelar setelah seseorang dinilai telah dewasa untuk orang-orang keturunan raja atau seseorang yang telah berhasil dan mampu menjadi teladan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

5.       Berprinsip dan Berharga Diri (Bupiil Bupesenggiri / Piil Pesenggiri)
Dapat diartikan bahwa masyarakat lampung sangat menjaga identitas diri dalam pergaulan. Karena mereka memiliki aturan-aturan yang harus diterapkan dalam masyarakat, yaitu Piil Pesenggiri itu sendiri.



Piil Pesenggiri memiliki arti yang sama dalam masyarakat pepadun maupun sebatin, hanya saja bahasanya yang sedikit berbeda. Sekian.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar